Labschool Audiensi dengan Sekjen Kwarnas Pramuka

Jambore Dunia Pramuka ke-25 akan digelar bulan depan di Korea Selatan pada 1-12 Agustus 2023. Indonesia sebagai anggota Pramuka dunia senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagaimana telah terbukti pada jambore-jambore sebelumnya, yaitu di Amerika dan di Jepang dan negara-negara pendahulunya. Pada jambore dunia kali ini Indonesia akan mengirimkan jumlah peserta yang cukup besar sebanyak 1.500-an peserta, dan jika digabung dengan pembina, pelatih, official serta peninjau jumlahnya bisa mencapai 1.700 peserta, jumlah ini adalah jumlah yang terbesar dalam sejarah keikutsertaan Indonesia dalam jambore dunia, sebagaimana disampaikan oleh Kak Bachtiar, sekjen Kwarnas Pramuka.

Dalam jambore dunia ke-25 Labschool UNJ akan berpartisipasi menjadi kontingen Indonesia. Ada lebih dari 200-an peserta yang akan ikut dalam jambore dari sekolah Labschool di empat Lokasi, yaitu Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu. Oleh karenanya pada hari Selasa, 18 Juli 2023 perwakilan BPS Labschool dan Pimpinan sekolah serta pembina Pramuka dari Gudep di Labschool mengadakan audensi dengan sekjen Kwarnas yang diterima langsung oleh Kak Bachtiar.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan Labschool dipimpin oleh Dr. Uswadin, M.Pd. selaku Pengembang BPS Labschool UNJ, menyampaikan bahwa Labschool UNJ akan mengirimkan peserta untuk berpartisipasi dalam Jambore Dunia di Korea Selatan. Peserta yang akan berpartisipasi antara lain dari Labschool Cirendeu 81 peserta, Labschool Kebayoran 51 peserta, Labschool Cibubur 84 peserta, dan Labschool Jakarta 12 orang. Total yang akan berangkat 79 peserta putra, 131 peserta putri dan 18 pembina sehingga jumlah total 228 peserta. Uswadin juga menyampaikan bahwa Labschool telah terpilih menjadi perwakilan peserta yang akan tampil di panggung utama di Korea Selatan mewakili Indonesia. Dari Kawasan Asia Pasifik hanya 3 negara yang terpilih yaitu Indonesia, Taiwan dan Banglades. Tim Indonesia akan menampilkan Tari Jaya Perbangsa yang telah lolos seleksi oleh panitia Jambore Dunia. Kak Bachtiar mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Labschool menjadi wakil Indonesia dan Asia Pasifik untuk tampil di Pentas Utama Jambore Dunia. Sebagaimana disampaikan pesan presiden Jokowi kepada Kwarnas, agar perwakilan Indonesia di Jambore Dunia dapat menunjukkan dan memamerkan budaya Indonesia yang luhung dan bagus agar semakin dikenal oleh bangsa lain. Melalui tim seni budaya Labschool semoga harapan bapak Presiden kepada peserta Jamdun dapat diwujudkan pada waktu di Korea Selatan.

Uswadin juga melaporkan bahwa akan dilakukan pembekalan dan pelepasan kontingen Jamdun dari Labschool yang rencananya akan dilakukan pada hari Rabu, 26 Juli 2023 di Labschool Rawamangun. Dalam kesempatan itu, Uswadin mengharapkan Kak Kakwarnas dapat hadir dalam acara pelepasan untuk memberikan motivasi dan pembekalan bagi adik-adik Pramuka yang akan berangkat. Acara pelepasan juga rencananya akan dihadiri oleh Rektor UNJ dan Pimpinan sekolah, dan Penasehat Labschool UNJ, Prof Arief Rachman, M.Pd.

Dalam suasana yang hangat dan akrab, Kak Bachtiar yang didampingi pula Kak Ahmad Rusdi, dan kakak pengurus lainnya menyambut baik rencana pembekalan dan pelepasan jambore oleh Labschool UNJ. Pimpinan Kwarnas insya allah akan hadir dalam  acara tersebut, bisa Ketua atau wakil ketua yang ditugaskan. Kak Bachtiar menyarankan agar peserta selain dilepas juga diberi pembekalan dari Kwarnas sehingga kesiapan peserta akan lebih mantap. Pertemuan audensi yang berlangsung selama satu jam lebih terasa singkat karena suasana yang akrab dan saling memberi informasi. Pada akhir acara Kak Bachtiar memberi cindera mata Buku  “Mengabdi Tanpa Batas 110 Tahun Gerakan Kepanduan di Indonesia”, dan dari Labschool memberikan cindera mata berupa Plakat dan Booklet Labschool yang diserahkan oleh Kak Uswadin kepada Kak Bachtiar.

Usai acara serah terima plakat, selanjutnya dilakukan foto bersama dengan Kak Bachtiar dan perwakilan dari Labschool yang terdiri dari Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru pembina yang berjumlah 10 orang.

Admin

Admin

Leave a Replay

Komplek UNJ, Jalan Pemuda, RT. 7 / RW. 14, Rawamangun, RT.7/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

Get In Touch

(021) 4786 0038 (Hunting)

© LABSCHOOL UNJ

LOGIN APLIKASI

DAFTAR ULANG

SMP

SMA

KB-TK

SD

DAFTAR ULANG PPSBB

DAFTAR ULANG PSB

PENGUMUMAN KELULUSAN

PILIH UJIAN